Bangsa Indonesia saat ini masih mencari bentuk dan jatidiri serta menyesuaikan dengan perkembangan kekinian. Hal tersebut membuat banyak aturan yang harus dipatuhi oleh pemerintah daerah dan bisa berubah dalam hitungan bulan.
Pemkab Sintang dalam hal ini dituntut harus mampu menyesuaikan diri dengan aturan baru tersebut. Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Sintang Askiman saat melakukan silaturahmi dengan civitas akademika Fakultas Hukum Universitas Kapuas, belum lama ini di Halaman Unka.
“Oleh karena itu, kami merasakan sangat diperlukannya bantuan pihak lain dalam memberikan sumbang saran dan pendapat tentang banyak hal dalam menunjang pekerjaan Pemkab Sintang dalam membangun daerah ini. Saran dan pendapat tersebut tentu harus melalui sebuah kajian yang mendalam dan jelas dasar hukumnya. Nah, para akademisi yang ada di Fakultas Hukum Universitas Kapuas Sintang sangat memahami teori tentang hukum dan peraturan perundangan yang ada sehingga akan lebih kuat dalam mengkaji sebuah aturan yang atau kebijakan yang ada,” tambahnya.
Wabup juga menyatakan bahwa dirinya juga turut serta mengembangkan Unka serta pernah mengajar di Unka, “namun karena sekarang saya seorang PNS, maka dari itu harus mundur pada 20 tahun yang lalu,” ungkapnya.
Askiman mengajak seluruh civitas Unka untuk membantu Pemkab Sintang dengan memberikan saran yang cerdas dan membangun kepada pihak Pemkab Sintang. “Saya melihat, Unka juga sudah mampu mencerdaskan masyarakat Sintang yang menuntut ilmu di sini. Kami berharap Fakultas Hukum Unka untuk membantu kami mewujudkan aparatur sipil negara (ASN) yang berkualitas karena ada juga PNS yang menuntut ilmu disini,” tambah Askiman.
Wakil Bupati Sintang juga mengharapkan agar dalam memberikan kritik agar tidak terkontaminasi dengan kepentingan politik. “Para akademisi yang ada di Kabupaten Sintang, saya dorong untuk netral dan tidak terlibat dalam politik praktis karena akan mengurangi kekuatan dan kebenaran kritik dan kajian yang dikeluarkan. Kami ingin adanya kajian-kajian hukum yang bisa membantu Pemkab Sintang. Berikan kajian terhadap aturan yang berhubungan dengan pelaksanaan tugas kami, sehingga kami merasa terbantu oleh kalangan akademisi,” terang Askiman.
Dekan Fakultas Hukum Unka, Robert Hoffman mengajak seluruh civitas Fakultas Hukum Unka untuk memberikan sumbangan kepada masyarakat dalam bidang hukum.
Sementara itu salah seorang alumni Fakultas Hukum Unka, Supanto menyampaikan bahwa dinamika yang terjadi dalam Fakulktas Hukum Unka sudah mampu menghasilkan lulusan yang baik dan berkualitas serta terus mengembangkan kampus ini menuju ke arah yang lebih baik.
 
Top